Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook

Apa Itu Cryptocurrency?

Kamu pernah dengar bitcoin? yes sedang naik daun karena beritanya banyak orang yang dapat keuntungan besar dari bitcoin, bahkan katanya harga perkoinnya sekarang mencapai ratusan juta.

Bitcoin adalah salah satu contoh cryptocurrency atau mata uang kripto, yang lain ada ehtereum, litecoin, baru-baru ini katanya facebook juga akan mengeluarkan koin kripto dengan nama libra, dan masih banyak lagi.

Banyak pertanyaan mata uang kripto itu apa sih? dan bisa membuat kita kaya cepat kah dengan mata uang kripto?

Cryptocurrency atau mata uang kripto adalah mata uang digital yang digunakan untuk transaksi via digital dengan sandi-sandi rahasia yang cukup rumit.

Cryptocurrency adalah gabungan dua kalimat yaitu cryptograph yang memiliki arti kode rahasia dan currency adalah mata uang. cryptograph sendiri sebenarnya sudah lama digunakan sejak perang dunia II, ketika itu digunakan untuk mengirim informasi penting tapi tidak terlacak musuh.

Mata uang kripto ini berbeda dengan mata uang konvensional yang sifatnya terpusat dibank sentral, sedangkan mata uang kripto bersifat desentral.

Dan sistem blockchain yang “mengamankan” transaksi. Tidak semua mata uang kripto menggunakan sistem blockchain. Blockchain penjelasan simplenya adalah sistem buku besar yang mencatat transaksi, tidak bisa dimodifikasi, dan hanya diketahui antar pihak yang bertransaksi saja.

Mengenai mata uang kripto ini bank sentral seluruh dunia belum ada satu suara, seperti Jepang memperbolehkan transaksi penggunaan mata uang kripto, sedangkan Rusia, Cina dan Amerika Serikat melarang transaksi penggunaan mata uang kripto, di Indonesia sendiri Bappebti melalui peraturan no 5 tahun 2019 memperbolehkan perdagangan mata uang kripto yang kini sudah disamakan dengan komoditas dan bisa diperdagangkan dibursa berjangka, tetapi Bank Indonesia (BI) selaku bank sentral Indonesia masih melarang transaksi penggunaan mata uang kripto, sehingga jika ada yang menggunakan transaksi dengan mata uang ini dan mengalami kerugian, BI tidak bertanggung jawab.

Sebelum investasi di cryptocurrency, cari tahu dulu seluk beluk mata uang kripto ini, jangan hanya ikut kata orang yang bisa jadi skema ponzi atau money game. Dan pastinya tentukan dulu tujuan dan pahami profil risiko karena mata uang kripto ini memiliki risiko tinggi bahkan lebih tinggi dibanding saham. Setelah memahami karakter instrumen investasinya, menentukan tujuan dan memahami profil risiko, baru bisa memilih “kendaraan” yang tepat untuk mencapai tujuan.

Karena yang bisa menggagalkan dalam berinvestasi adalah keserakahan dan ketidak pahaman. So cryptocurrency apakah instrumen investasi yang cocok untuk kamu?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Irshad Wicaksono Maruf
Irshad Wicaksono Maruf
Personal Financial Planner CFP ID: 1600 0440

FORM KONSULTASI