Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook

Apa Itu profesi perencana keuangan dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Perencana keuangan mungkin masih dianggap asing oleh sebagian orang dan yang menggunakan jasanya pun katanya hanya kalangan ekonomi menengah atas.

Eits perencanaan keuangan itu sebenarnya harus dilakukan oleh semua kalangan lho. Tapi kalau kamu bingung, kamu bisa menggunakan jasa profesional perencana keuangan.

Sesuai namanya Perencana Keuangan, profesi profesional yg membantu seseorang dalam mengatur keuangannya secara terintegrasi dan terencana untuk mencapai tujuan. Profesi perencana keuangan ini terbagi dua jenis:

  1. Perencana Keuangan Independen.

Yaitu profesi perencana keuangan yg dibayar berdasarkan jasa konsultasinya dalam membantu memberikan saran keuangan kepada kliennya.

2. Perencana Keuangan Dependen.

Yaitu profesi perencana keuangan yang dibayar berdasarkan komisi dari produk keuangan yang berhasil dijual kepada kliennya.

Dari kedua jenis profesi perencana keuangan ini tidak ada yang lebih baik, selama individu perencana keuangan tersebut secara profesional mampu membantu kliennya sesuai kode etik profesi dan hukum negara, tidak ada masalah.

Bagaimana cara kerja perencana keuangan?

1. Diskusi Awal

Tahap ini perencana keuangan menjelaskan kepada klien jasa yang akan diberikan, tanggung jawab dan batasan – batasannya. Diharapkan perencana keuangan dan kliennya memahami tugas dan haknya masing-masing.

2. Mengumpulkan Data

Perencana keuangan akan mengumpukan data keuangan dan tujuan masa depan yang ingin dicapai klien, dan perencana keuangan menyampaikan pertimbangan keuntungan dan risiko.

3. Pembuatan Perencanaan

Perencana keuangan akan menganalisa data keuangan klien menjadi informasi kondisi kesehatan serta saran keuangan sesuai kebutuhan klien. Perencanaan ini dalam bentuk buku perencanaan (Book Plan).

4. Presentasi

Perencana keuangan menjelaskan isi book plan kepada klien. Pada tahap ini waktunya tanya jawab dan diskusi, bila diperlukan perencana keuangan melakukan revisi terhadap isi book plannya jika mendapatkan data terbaru dari klien.

5. Memandu Implementasi Saran

Perencana keuangan memandu klien mengimplementasikan saran yang telah diberikan. Berkoordinasi dengan profesional lain bila diperlukan, dan pastinya sesuai persetujuan klien.

6. Meninjau & Memantau

perencana keuangan akan melakukan peninjauan dan pemantauan perkembangan klien dalam mencapai tujuan – tujuannya. Bila diperlukan akan dilakukan analisa ulang bila terjadi perubahan signifikan dari klien.

Bagaimana kamu tertarik menggunakan jasa perencana keuangan?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Irshad Wicaksono Maruf
Irshad Wicaksono Maruf
Personal Financial Planner CFP ID: 1600 0440

FORM KONSULTASI