Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook

Cara Menghindari Resesi

Pada awal agustus 2020, pemerintah mengumumkan RI mengalami resesi teknikal karena sudah dua kuartal berturut-turut pertumbuhan RI minus secara quarter to quarter, tetapi secara year to year baru satu kali mengalami minus yaitu dikuartal II minus 5,32% berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS).

Banyak orang saling menyalahkan dan mengeluh, dengan kondisi ini.

Yang mengalami kesulitan ekonomi bukan cuma anda saja, saya, dia, mereka, dan semua orang didunia juga mengalami hal yang sama, yaitu virus covid 19.

Dari pada saling menyalahkan dan mengeluh yang tidak menyelesaikan masalah, mending berfikir dan bertindak supaya tetap BERPENGHASILAN dan BERBELANJA.

Apa hubungannya berpenghasilan dan berbelanja sama terhindar dari resesi??

Oo..Sangat berhubungan.

Ekonomi suatu negara bisa bergerak karena ada transaksi, siapa yang transaksi?

Yes kita sebagai yang menggerakannya.

Misal A bekerja sehingga punya penghasilan, lalu dari penghasilannya untuk belanja kebutuhan pokok ke toko milik B, maka B punya penghasilan dari transaksinya tadi dan digunakan belanja kebutuhannya ke toko C dan seterusnya. Sehingga bila kita bekerja dan punya penghasilan dan digunakan untuk belanja, maka ekonomi mikro ini bergerak dan pelan-pelan akan menggerakan ekonomi secara makro.

Kalau ekonomi makro suatu negara bergerak, maka pelan-pelan bisa keluar atau terhindar dari JURANG RESESI.

Percayalah ekonomi itu seperti jaring laba-laba yang saling kait mengait, kalau satu sisi tertiup angin kencang, maka tidak hanya sisi itu saja yang guncang, tapi yang lain juga terguncang, maka sama bila ekonomi negara ini guncang, maka ekonomi kamu juga terguncang.

Terus bagaimana saya bisa tetap berpenghasilan?

Ya KERJA lah, apapun itu buka usaha atau melamar menjadi karyawan disuatu perusahaan.

Betul semua orang juga tau, karena kita semua tau, maka stop lah untuk menyalahkan siapapun dan stop lah mengeluh.

Mulai lah berfikir, mencari inspirasi, cari motivasi dan hal positif lainnya untuk supaya kita bisa berfikir positif jernih sehingga bisa bertindak yang positif.

Ingat kita ada “ARGO” kebutuhan yang terus berputar, bila ada peluang apapun itu yang bisa membuat kita mendapatkan penghasilan, AMBIL buang idealis tapi pastinya selama peluang itu halal ya.

Kalau ada sebagian dari kita yang masih berpenghasilan dan kebutuhan pokoknya masih mampu terpenuhi, maka tetap lah BERBELANJA. Belanja disini tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok saja ya tapi juga menabung, berinvestasi, dan juga berasuransi.

Karena dengan menabung, berinvestasi, dan berinvestasi selain demi masa depan dan memproteksi kamu, juga bisa menggerakan ekonomi RI juga lho.

O iya kalau ada tetangga, teman atau saudara yang jualan maka belanja lah disana walaupun lebih mahal sedikit dibanding di minimart ternama. Minimal bantu tetangga, teman atau saudara kita untuk mempromosikan usahanya.

Yuk jalanin peran kita masing-masing untuk tetap BERPENGHASILAN dan BERBELANJA demi terhindar dari RESESI.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Irshad Wicaksono Maruf
Irshad Wicaksono Maruf
Personal Financial Planner CFP ID: 1600 0440

FORM KONSULTASI