Menara 165 Lt 4, Jl. TB Simatupang Kav 1, Cilandak Timur
info@rekadana.com
Search
Close this search box.

Nikah Irit dan Bergengsi

.

Menikah adalah dambaan hampir semua orang yang masih single. Persiapan biasanya diperlukan 1 tahun sebelum hari H. Bukan hanya persiapan dari segi materi, waktu, tetapi serentetan persiapan seperti lamaran , akad nikah dan resepsi.

Persiapan perencanaan keuangan pernikahan, disiapkan jauh jauh hari. Ada yang membiayai sendiri, ada yang masih dibiayai orang tua.

Apa saja sih persiapan dan perkiraan biaya.

Prosesi lamaran

  1. Cincin

sebagai symbol bahwa satu dan lainnya sudah terikat.

  • Undangan keluarga besar.

Biasanya untuk melakukan prosesi lamaran, calon pengantin akan mengundang keluarga besar untuk berbagi kebahagiaan. Tentunya pihak calon pengantin menyediakan jamuan “ala kadarnya” , dalam arti bisa sederhana bisa menjadi mewah.

  • Hantaran.

Datang bertamu untuk melamar calon istri, tentunya tidak dengan tangan kosong. Perlu membawa beberapa hantaran. Pada umumnya, membawa beberapa peralatan seperti , peralatan ibadah, Perlengkapan Ibadah, Setelan Pakaian, Sepatu, produk kecantikan, perhiasan, peralatan tidur dan makanan yang dikemas dengan cantik khusus kemasan untuk hantaran

Untuk biaya lamaran saja, yang paling minim kurang lebih Rp. 15.000.000,- bahkan ada yang mencapai Rp. 100.000.000,- tergantung dari status social dan kemampuan dari keluarga calon pengantin.

Setelah prosesi lamaran, dilanjutkan dengan rencana Akad Nikah dan Resespsi. Dimulai dengan pencarian Gedung dan catering. Bisa dilakukan sendiri atau supaya lebih simple bisa menggunakan Weding Organizer (WO). Selain hemat waktu , banyak sekali informasi yang bisa kita peroleh dari WO, karena pengalaman mereka dan koneksi yang sudah terjalin.

WO menyediakan berbagai macam service, dari mulai koneksi catering, baju pengantin dan baju orang tua serta serangkaian pakaian untuk pernikahan. Bermacam macam konsep tradisional maupun modern disediakan oleh  WO. Pada umumnya WO sudah memiliki paket jumlah undangan serta Gedung dan seluruh persiapan untuk pernikahan.

 Prosesi pernikahan terdiri dari

  • Akad nikah
  • Resepsi

Disinilah biaya pernikahan membengkak, karena tradisi di Indonesia, terbiasa berbagi kebahagiaan kepada keluarga dan kerabat. Sehingga undangan bisa mencapai ratusan orang.

Paket pernikahan tersedia dari yang sederhana mulai dari 25 juta, sampai dengan Milyaran rupiah. Tinggal disesuaikan. Sebagai contoh kelas menengah untuk biaya pernikah seperti ini, diperlukan dana sekitar Rp. 300.000.000,-   sampai dengan

Rp. 500.000.000,-. Belum termasuk biaya KUA dan administrasi lainnya

Biaya ini adalah masa sebelum pandemi. Setelah pandemi dengan peraturan pemerintah adanya PSBB, maka tidak bisa dilaksanakan acara pernikahan seperti yang diinginkan. Walaupun demikian, hal ini membawa efek baik bagi yang menikah dengan budget yang minim. Dikarenakan dimasa pandemi, pemerintah menentukan peraturan untuk pernikahan

  • Tidak boleh mengadakan resepsi
  • Kalaupun sedang diperbolehkan, hanya 50% tamu dari kapasitas Gedung
  • Akad nikah diperbolehkan di KUA hanya dengan jumlah tamu 10 orang

Dengan peraturan ini PSBB, menikah menjadi murah, hanya butuh biaya kurang lebih 10 – 20 juta, Kalau biaya KUA sih tidak terlalu mahal sekitar 1.4 juta, tetapi sewa baju pengantin dan baju orang tua, mahar, serta menjamu kerabat masih memerlukan biaya.

Kesempatan buat kamu kamu yang mau menikah, segeralah menikah dengan budget minim dan tetap bergengsi . Bisa bilang sama temen teman, pernikahannya enggak bisa pesta karena PSBB (padahal budget pas pasan). Ayo, siapa yang mau segera menikah….gunakan keadaan ini untuk beribadah dengan menikah

Rekomendasi

FORM KONSULTASI